Senin, 21 Oktober 2019

Merawat Peralatan Dapur

Berikut ini cara merawat peralatan dapur :
Material Plastik
Biasakan mencuci peralatan plastik dengan air hangat yang ditambah sabun cuci piring, lalu keringkan. Apabila masih tercium aroma lemak, kamu bisa menyegarkannya dengan jeruk nipis. Sebaiknya jangan menggunakan bahan plastik sebagai wadah makanan yang baru dimasak karena berisiko karsinogenik (pemicu kanker).

Material Besi
Karena digunakan untuk memasak dan bersentuhan langsung dengan api, maka bahan besi ini akan berwarna hitam di bagian pantanya. Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan jeruk nipis, nanas, atau larutan soda sebagai pelengkap sabun cuci piring.
Untuk cara yang lebih efektif, kamu bisa pakai pembersih cuci piring yang terbuat dari serat aluminium. Pembersih ini sangat ampuh menghilangkan warna hitam di wajan, Cuma efek buruknya, ketebalan permukaan wajan menjadi berkurang karena terkikis.

Material Kayu
Sebagaimana sifat dapur yang mudah lembap, maka perabotan-perabotan berbahan kayu rentan terkena jamur. Oleh karena itu, bersihkan seluruh permukaannya dengan sabun dan bilas dengan air mengalir, kemudian angin-anginkan sampai kering. Dengan begitu, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin.
Alat masak kayu dibutuhkan pada saat kamu mengaduk atau menggoreng makanan di wajan teflon. Sendok, sodet, atau spatula memang ada yang berbahan kayu. Cara membersihkan sisa noda makanan membandel yang menempel pada peralatan masak, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan pembersih berikut ini:
Garam
Membersihkan piranti memasak dengan garam tak memakan waktu. Cukup dengan cara mencampurkan garam dengan semangkuk air panas. Rendam alat masak dari kayu yang akan dbersihkan selama lima menit. Setelah itu, keringkan alat masakmu, lap dan jemur.

Cuka
Selain garam, cuka pun bisa kamu gunakan dengan cukup ampuh. Masukkan satu gelas cuka dan satu sendok makan madu ke dalam satu mangkuk. Aduk rata dua bahan tersebut. Setelahnya, celupkan kapas, tisu atau kain lap pada cairan cuka dan madu itu untuk membersihkan noda atau sisa bau makanan pada alat masak yang terbuat dari kayu.
Lemon
Lemon sangat ampuh untuk membersihkan peralatan memasakmu. Caranya mudah, pertama kamu harus siapkan air mendidih yang dicampur dengan perasan lemon terlebih dahulu. Kemudian, angkat air mendidih yang telah dicampur perasan lemon tersebut. Ketika masih panas, masukkan alat memasak dari kayu yang ingin kamu bersihkan. Selanjutnya rendamlah peralat tersebut selama 15 menit. Setelahnya, bersihkan alat masak kayumu dengan lap dan jemur sampai kering.
Menghilangkan Bau Amis
Perkakas masak yang berbau bisa jadi berbahan kayu atau bahkan bahan logam lainnya. Untuk menghilangkan bau amis tersebut, ada kiat-kiat khusus yang bisa kamu praktekan dengan mudah:
Rebus air hingga mendidih. Masukan dua sendok makan garam, lalu masukkan perkakas yang berbau amis ke dalam rebusan air tersebut. Diamkan beberapa menit. Angkat, kemudian cuci dengan sabun hingga bersih. Dengan cara ini, bau amis akan hilang.
Bila bau masih saja tercium, masukkan perasan jeruk lemon ke dalam rebusan air tadi. Lalu, rendam kembali perkakas masak tersebut. Matikan kompor, lalu tunggu hingga lima menit. Setelah itu, kamu bisa membilas dan mencuci perkakas masak dengan sabun hingga bersih. Bau amis akan hilang seketika.

Sumber : https://artikel.rumah123.com/tips-merawat-peralatan-dapur-agar-tahan-lama-47548

Tidak ada komentar:

Posting Komentar